teatertalasmakassar

maju dan mundur adalah dua pilihan PASTI

Teater talas makassar berdiri pada tanggal 8 september tahun 1999 di kampus universitas muhammadiyah makassar. pada persil jazirah selatan kota makassar ibu kota provinsi sulawesi selatan. nama Talas diambil dari nama lokasi kampus UNISMUH talasalapang, talasalapang adalah nama sembilan pohon tala' [bahasa: makassar] pohon lontar yang hingga kini masih berdiri kokoh dengan usia tumbuhnya sudah ratusan tahun .
teater talas merupakan cikal bakal dari terbentuknya lembaga seni kampus pada tanggal 29 September tahun 2000 yang kini bernama Unit Kegiatan Mahasiswa Seni dan Budaya Talas Universitas Muhammadiyah Makassar [UKM SB Talas] yang terdiri atas tujuh bidang kerja seni;teater-sastra-tari-musik&paduan suara-film-fotografi serta rupa&desain.
Sejak berdiri,
teater talas proaktif terhadap berbagai aktivitas kesenian seperti menyelenggarakan regenerasi melalui perekrutan anggota baru dalam bentuk Workshop Arts [pelatihan dasar kesenian], penelitian dan pengembangan SDM berbagai bidang kesenian. Selain aktivitas tersebut, kini teater talas menjadi laboratorium atau ruang apreasiasi dosen pembina mata kuliah apresiasi dan pengkajian puisi dan sastra baik sastra Indonesia maupun bahasa dan sastra Inggris baik di lingkup Universitas Muhammadiyah makassar maupun di luar Unismuh.
selain rutinitas tersebut di atas, teater talas pun proaktif terhadap kegiatan pembinaan dan pendampingan kelompok-kelompok teater pelajar di bebagai daerah di propinsi sulawesi selatan.
teater talas selain memiliki fungsi edukasi juga memiliki fungsi sosial seperti usaha-usaha kemandirian untuk pengembangan kesejahteraan anggota baik yang masih aktif maupun yang sudah alumni dengan mengembangkan kewirausahaan berbasis civil society;landscape,advertising,gardening,dan usaha lain yang bersifat social contributes.

4 komentar:

exiting ONE!

mari bersama memberi sesuatu untuk mendapatkan lebih dari sesuatu

baguslah akhirnya talas punya juga blog dimana orang mampu mengkrtik dan memberi masukan lewat dunia maya

TEGA MANENG KI MAKKO KOE SAPPO